TELAAH JURNAL "PENTINGNYA RUMAH SEHAT DAN RAMAH LINGKUNGAN MENGHADAPI ERA NEW NORMAL


TUGAS MATA KULIAH TELAAH KRITIS
Nama : Mariyam Jamilah
NPM : 19.13101.11.19


Contoh desain rumah cantik ramah lingkungan - Thegorbalsla



Judul jurnal                 : Pentingnya Rumah  Sehat dan Ramah  Lingkungan Menghadapi
Era New Normal
Penulis                         : Rahim, S E, Nurhayati, D
Materi                          : Keynote Speech pada Seminar World Environtment Day
Penelaah/NIM             : Mariyam Jamilah /19.13101.11.19
Tanggal Telaah            : 08  Juni 2020

Inti dari paper  ini adalah bagaimana melakukan perubahan secara menyeluruh dalam menghadapi era new normal sejak dunia dilanda pandemic Covid 19 termasuk rumah tempat tinggal. Paper ini membahas mengenai rumah sehat dan ramah lingkungan. Dengan kata lain, Paper ini menggambarkan bagaimana ciri-ciri rumah ramah lingkungan menghadapi era new normal.Telah kita ketahui bersamarumah ramah lingkungan tidak akan berarti apa-apa tanpa memastikan kita para penghuni mempunyai pola hidup bersih dan sehat, serta mempunyai pola hidup ramah lingkungan.
Pembangunan komitmen para penghuni rumah terus dilakukan dari waktu ke waktu supaya mereka mempunyai komitmen yang tinggi untuk mewujudkan   rumah   ramah.   Manajemen   preventif   mesti   diutamakan   karena mencegah  lebih  baik  daripada  memperbaiki.  Implikasi  kebijakan  dalam  bidang rumah  sehat  dan  rumah  ramah  lingkungan  perlu  mendapat  perhatian  serius  dari pihak  terkait.  Masih  sangat  sedikit  dari  rumah  penduduk  di  Negara  kita  yang tergolong sehat dan ramah lingkungan.
Paper ini telah membukakan banyak fakta tentang rumah ramah lingkungan jika akan dijadikan dasar pemikiran para pengambil keputusan di suatu wilayah atau Negara yang ingin menerapkan rumah ramah lingkungan. Rumah yang fungsinya semakin  bertambah  pada era new normal  selain harus mempunyai  ciri rumah sehat  sebagaimana  disyaratkan  oleh  Keputusan  Menteri  Kesehatan  RI  agar menjadi rumah ramah lingkungan. Menurut George Edward III (1978) impelementasi kebijakan publik termasuk pengaturan rumah sehat oleh Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pekerjaan Umum sangat dipengaruhi oleh  sejumlah  faktor  yakni  komunikasi,  sumberdaya,  disposisi  dan  struktur birokrasi. Paper ini sudah memberikan pedoman yang sangat jelas bahwa rumah ramah lingkungan mesti jangan dipisahkan dengan rumah sehat yang diatur oleh Kementerian terakait di Negara tercinta ini.

KELEBIHAN :
Paper :
 Memaparkan secara jelas dan lengkap mulai dari pendahuluan atau latar  belakang dari permasalahan mengapa dibuatnya pentingnya rumah sehat dan ramah lingkungan menghadapi era new normal sampai menjelaskan dan mendeskripsikan ciri-ciri rumah ramah lingkungan.
Penulisan paper teratur dan sesuai dengan  kaidah pembuatan penulisan.
Kata yang digunakan juga dalam jurnal ini bersifat baku dan sesuai dengan Kamus EYD Bahasa Indonesia
Menyertakan Daftar Pustaka.

Aplikasi :
a.  Menampilkan gambar 3D sehingga mirip dengan Aslinya.
b. Pengembangannya yang lebih mudah dan murah sehingga augmented reality merebak secara cepat di berbagai bidang.
c. Dapat diimplementasikan secara luas dalam berbagai media                                                                                    

KEKURANGAN  :
Paper :
a. Spacepenulisan tidak teratur.
b. Tiap paragraph tidak ada yang menjorok kedalam.

Aplikasi :Untuk mengetahui dari sudut pandang apa yang menarik dalam mengenali rumah sehat dan ramah lingkungan.

KELEBIHAN :
Jurnal : – Singkat dan Padat
Aplikasi :
Banyak sekali keuntungan menerapkan rumah sehat dan ramah lingkungan.  menggunakan desain terbaru dan memenuhi syarat kesehatan yangditentukan oleh Keputusan Menteri Kesehatan RI No 829/Menkes/SK/VII/1999. Paling tidak ada 10 persyaratan untuk menentukan apakah rumah kita sehat atau tidak: (1) Bahan bangunan bukan terbuat  dari bahan  bangunan  yang berbahaya  bagi kesehatan,  (2) Komponen  dan penataan   ruang   memenuhi   persyaratan   fisik   dan   biologis,   (3) Memperoleh pencahayaan  yang cukup,  (4) Kualitas  udara di dalam rumah sehat, (5) Ventilasi alamiah minimal 10% dari luas lantai, (6) Tidak ada tikus bersarang dalam rumah, (7) Air bersih tersedia dalam jumlah dan kualitas yang memenuhi persyaratan kesehatan,  (8) Tersedianya  sarana penyimpanan  makanan yang aman, (9) Limbah terkelola dengan baik, dan (10) Kepadatan hunian minimum 8 m2.

KEKURANGAN :

Jurnal :
  Isi pada jurnal yang ditampilkan tidak lengkap.
 Informasi yang disampaikan kurang jelas.
Aplikasi :
Orang mungkin mengalami perasaan kehilangan realitas dan perasaan isolasi saat mereka berinteraksi dengan dunia maya, bukannya dunia nyata dengan orang sungguhan. Akhirnya, dengan desain penambahan lahan/space penghijauan tentu saja membutuhkan dana yang cukup besar sehingga kesulitan untuk mengimplementasikan rumah memiliki area terbuka hijau.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SISTEMATIC REVIEW THEORY DAN STUDI KASUS

MENGENAL SISTEMATIC REVIEW THEORY DAN STUDI KASUS Sistematic review merupakan metode dalam melaksanakan review artikel dengan standar, kr...