Wawancara Kepada Pimpinan yang Lebih Tinggi


tugas pl 2 minggu 3
kelompok
1. Dina Fitriananci
2. Mariyam Jamilah
3. Rega Oktariansyah




FORM WAWANCARA EDWARD DEMING
1.      Memahami dan mengutarakan pada orang-orangnya makna sesuatu sistem :
·         Apakah anda  mematuhi peraturan umum yang berlaku?
ü Ya. Karena sebagai ASN yang baik kita wajib mematuhi peraturan yang berlaku
·         Apakah anda  bekerja sesuai dengan tanggung jawabnya?
ü Ya. Karena setiap tanggung jawab pekerjaan telah sesuai dengan jabatan dan beban kerja masing-masing
·         Apakah anda  memberikan pengarahan kepada bawahan  seputar pekerjaan?
ü Iya. saya memberikan pengarahan kepada semua bawahan paling tidak seminggu sekali pada saat apel pagi.

2.      Membantu orang-orang memandang diri mereka sendiri sebagai komponen-komponen dalam  suatu sistem:
·         Apakah anda memberikan motivasi kepada bawahan?
ü  Ya. Saya memberikan motivasi kepada bawahan setiap kali akan melakukan kegiatan dalam gedung maupun luar gedung

3.      Mengerti bahwa orang-orang berbeda satu dengan lain-nya
·         Apakah anda membanding-bandingkan kinerja setiap bawahan
ü  Tidak. karena setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Tetapi dengan sifat tersebut saya bisa mengelompokkan mereka agar saling melengkapi sehingga menjadi tim yang solid.
·         Apakah anda memberikan beban kerja yang sama kepada setiap bawahan?
ü  Tidak karena setiap bawahan sudah memiliki beban kerja sesuai denga tupoksi masing masing.
·         Apakah anda memberikan tugas sesuai dengan bidang keahlian?
    Kadang- kadang. Karena sdm yang tersedia tidak selalu sesuai dengan bidang keahlian.

4.      Belajar tanpa henti.
·         Apakah anda mempunyai keinginan untuk melanjutkan pendidikan?
Ya. Karena prinsip belajar adalah terus menerus, berkesinambungan dan seumur hidup
·         Apakah anda mendukung bawahan untuk melanjutkan pendidikan?
Ya. Saya mendukung bawahan agar dapat meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan.

5.      Pimpinan adalah pengarah (coach) dan penasihat, bukan hakim.
·         Apa yang  anda lakukan ketika bawahan  melakukan kesalahan?
Saya akan memberikan teguran kepada bawahan baik secara lisan maupun tertulis
·         Apakah anda menyalahkan bawahan apabila melakukan kesalahan?
Kadang-kadang.
·         Bagaimana cara anda memberikan teguran atau mendisiplinkan bawahan?
Pertama saya akan memanggil yang bersangkutan dan memberikan teguran secara lisan. Kemudian bila tidak dipatuhi maka akan saya berikan teguran secara tertulis. Jika hal itu pun tidak diindahkan maka saya akan melaporkan kepada kadinkes sebagai atasan yang lebh tinggi.

6.      Memahami sistem yang stabil.
·         Apakah anda sering mengganti petugas yang bertanggung terhadap suatu pekerjaan?
Tidak. Karena petugas yang bertanggung jawab terhadap suatu bidang sudah memahami dengan baik tugas dan tanggung jawab di bidang tersebut.

7.      Ia mempunyai tiga sumber kekuatan : otoritas jabatan; pengetahuan; dan kepribadian, daya persuasi, serta ketaktisan. 
·         Apakah anda  berperan aktif dalam pengambilan keputusan suatu masalah yang terjadii pada saat rapat rutin?
Kadang-kadang. Tergantung pada pokok permasalahan yang dibahas.
·         Apakah anda  mengambil keputusan disaat rapat?
Ya. Saya mengambil setiap keputusan final.

8.      Mempelajari hasil-hasil dengan tujuan meningkatkan kinerjanya sebagai pengelola orang-orang.
·         Apakah setiap hasil pekerjaan yang dilaporkan mendapatkan tanggapan dari anda?
Kadang-kadang. Karena hasil pekerjaan telah ditanggapi oleh bawahan sebelum saya.
·         Apakah anda  melakukan pengawasan ke setiap seksi?
Iya. Tapi tidak sealu. Karena saya menganggap bawahan saya akan merasa tidak nyaman jika dilakukan pengawasan secara terus menerus.
·         Apakah anda melakukan evaluasi dan tindak lanjut ke tiap program?
Iya. Karena itu kewajiban saya sebagai seorang pimpinan.
9.      Berusaha menemukan siapa, kalau ada, di dalam sistem  yang membutuhkan bantuan khusus.
·         Apakah anda  memperhatikan apa yang dilakukan para karyawannya?
Iya. Saya memperhatikan apa yang dilakukan pegawai agar saya mengertahui  kebutuhan dari setiap bidang.
·         Apakah anda menampung keluhan dari bawahan?
Ya. Setiap keluhan dari bawahan saya tampung dan saya diskusikan bersama staf agar diperoleh solusi yang tepat
·         Apakah anda  mempertimbangkan kondisi yang terjadi untuk mengambil keputusan dalam setiap masalah?
Tidak. Karena ada kalanya kita tidak bisa terlalu mentolerir suatu keadaan dalam mengambil sebuah keputusan.
10.  Menciptakan kepercayaan
·         Apakah anda  mempercayai setiap pekerjaan yang dikerjakan bawahan?
Tidak. Saya harus mengoreksinya terlebih dahulu untuk menghindari terjadinya sebuah kesalahan di kemudian hari
·         Apakah hasil laporan setiap rapat rutin yang dibuat masing-masing seksi diterima oleh anda?
Ya. Karena saya mewajibkan pegawai untuk untuk membuat laporan yang harus diserahkan kepada saya.
·         Apakah anda  melibatkan karyawan dalam pengambilan keputusan setiap masalah seputar pekerjaan?
Ya. Karena saya menerapkan sistem demokrasi dalam mengambil sebuah keputusan.

11.  Tidak mengharapkan kesempurnaan.
·         Dalam setiap pengambilan keputusan suatu masalah, apakah hasilnya harus selalu sesuai dengan yang diharapkan?
Tidak. Tapi diharapkan keputusan yang diambil adalah kesepakatan bersama.
·         Apakah setiap pekerjaan harus mencapai target?
Ya. Harus.
12.  Mendengarkan dan belajar tanpa menjatuhkan palu hakim pada orang yang ia dengarkan.
·         Apakah anda  melibatkan karyawan dalam pengambilan keputusan setiap masalah seputar pekerjaan?
Kadang kadang
13.  Melakukan percakapan informal, spontan, santai dengan setiap orang setidak-tidaknya sekali setahun, bukan untuk menghakimi, melainkan hanya untuk mendengarkannya.
·         Apakah anda  menjalin hubungan baik di dalam maupun di luar pekerjaan dengan karyawan?
Ya. Kaaryawan saya sudah saya anggap seperti keluarga saya sendiri
·         Berapa kali  dan anda menjalin komunikasi dalam satu bulan?
Minimal satu minggu sekali.
·         Apakah ketika  berkomunikasi dengan bawahan mengenai pekerjaan, anda  mendominasi dalam berbicara?
Kadang kadang tergantung dengan permasalahan yang sedang dibahas.

14.  Ia memahami keuntungan-keuntungan kerja sama dan kerugian-kerugian dari persaingan antara orang-orang dan antara kelompok-kelompok ?
·      Apakah anda  memberi kesempatan kepada para karyawannya untuk mendiskusikan setiap masalah yang terjadi di tempat kerja?
Ya.  Karena dengan begitu akan diperoleh hasil yang diharapkan bersama
·      Apakah anda memberikan reward kepada bawahan yang kerjanya dinilai terbaik
Ya. Minimal saya memberikan pujian kepada bawahan yang terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SISTEMATIC REVIEW THEORY DAN STUDI KASUS

MENGENAL SISTEMATIC REVIEW THEORY DAN STUDI KASUS Sistematic review merupakan metode dalam melaksanakan review artikel dengan standar, kr...