TUGAS WAWANCARA KE PIMPINAN

Kelompok

1.      Dina Fitriananci
2.      Mariyam Jamilah
3.      Rega Oktariansyah

Nama     : Ryanti zulhijah
Jabatan  : Kepala Puskesmas Pengandonan




FORM WAWANCARA 14 POINT KEPEMIMPINAN SESUAI DENGAN EDWARD DEMING
1.      Memahami dan mengutarakan pada orang-orangnya makna sesuatu sistem :
·         Apakah anda  mematuhi peraturan umum yang berlaku?
ü Ya kita sebagai ASN yang bekerja di bawah pemerintahan harus mematuhi semua peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah
·         Apakah anda  bekerja sesuai dengan tanggung jawabnya?
ü Ya setiap jabatan yang dipercayakan juga diikuti oleh tanggungjawab yang mau tidak mau harus dikerjakan
·         Apakah anda  memberikan pengarahan kepada bawahan  seputar pekerjaan?
ü Iya saya memberikan pengarahan kepada semua bawahan paling tidak sebulan sekali setiap mini lokakarya
2.      Membantu orang-orang memandang diri mereka sendiri sebagai komponen-komponen dalam  suatu sistem:
·         Apakah anda memberikan motivasi kepada bawahan?
ü  Ya setiap apel pagi selalu saya akan tekankan kepada petugas untuk selalu semangat dalam bekerja
3.      Mengerti bahwa orang-orang berbeda satu dengan lain-nya
·         Apakah anda membanding-bandingkan kinerja setiap bawahan
ü  Tidak karena setiap orang punya keahlian masing-masing
·         Apakah anda memberikan beban kerja yang sama kepada setiap bawahan?
ü  Ya karena setiap pegawai sebagai ASN memiliki tugas tanggung jawab yang sama
·         Apakah anda memberikan tugas sesuai dengan bidang keahlian?
ü  Seharusnya seperti itu tapi kendalanya pegawai yang tersedia banyak pendidikannya tidak sesuai atau jumlahnya kurang. Jadi tidak bisa selalu sesuai keahlian
4.      Belajar tanpa henti.
·         Apakah anda mempunyai keinginan untuk melanjutkan pendidikan?
ü  Ya karena pendidikan dan ilmu itu sangat penting
·         Apakah anda mendukung bawahan untuk melanjutkan pendidikan?
ü  Tentu saja kalo mereka memang punya keinginan saya tidak akan menghambat
5.      Pimpinan adalah pengarah (coach) dan penasihat, bukan hakim.
·         Apa yang  anda lakukan ketika bawahan  melakukan kesalahan?
ü  Pertama Saya akan memanggil yang bersangkutan memberikan teguran secara lisan, apabila tidak diindahkan akan saya berikan teguran, jika masih melanggar akan saya laporkan kepada kepala dinas
·         Apakah anda menyalahkan bawahan apabila melakukan kesalahan?
ü  Ya Kadang-kadang kalo memang petugasnya itu tidak bertanggung jawab terhadap tugasnya
·         Bagaimana cara anda memberikan teguran atau mendisiplinkan bawahan?
ü  SDA
6.      Memahami sistem yang stabil.
·         Apakah anda sering mengganti petugas yang bertanggung terhadap suatu pekerjaan?
ü  Ya kadang-kadang karena memang petugasnya yang memang ingin pindah tugas atau merasa tidak sanggpung terpaksa saya ganti
7.      Ia mempunyai tiga sumber kekuatan : otoritas jabatan; pengetahuan; dan kepribadian, daya persuasi, serta ketaktisan. 
·         Apakah anda  berperan aktif dalam pengambilan keputusan suatu masalah yang terjadi pada saat rapat rutin?
ü  ya tentu saja
·         Apakah anda  mengambil keputusan disaat rapat?
ü  Ya karena itu wewenang saya sebagai pimpinan
8.      Mempelajari hasil-hasil dengan tujuan meningkatkan kinerjanya sebagai pengelola orang-orang.
·         Apakah setiap hasil pekerjaan yang dilaporkan mendapatkan tanggapan dari anda?
ü  Tidak karena saya percaya dengan pemegang program apabila petugas meminta masukan baru saya tanggapi
·         Apakah anda  melakukan pengawasan ke setiap seksi?
ü  Kadang-kadang tapi tidak semua seksi
·         Apakah anda melakukan evaluasi dan tindak lanjut ke tiap program?
ü  Ya setiap MINLOK kita akan membahas kemajuan program dan masalah yang dihadapi
9.      Berusaha menemukan siapa, kalau ada, di dalam sistem  yang membutuhkan bantuan khusus.
·         Apakah anda menampung keluhan dari bawahan?
ü  Ya untuk membantu meningkatkan kinerja bawahan
·         Apakah anda  mempertimbangkan kondisi yang terjadi untuk mengambil keputusan dalam setiap masalah?
ü  Ya untuk menangani masalah tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu pokok permasalahannya jika tidak solusinya yang ditemukan tidak akan efektif
10.  Menciptakan kepercayaan
·         Apakah anda  mempercayai setiap pekerjaan yang dikerjakan bawahan?
ü  Ya karena mereka sudah memiliki keahlian dan paham akan pekerjaannya
·         Apakah hasil laporan setiap rapat rutin yang dibuat masing-masing seksi diterima oleh anda?
ü  Ya setiap bulan sebelum dikirim laporan akan di serahkan untuk diperiksa oleh saya
·         Apakah anda  melibatkan petugas dalam pengambilan keputusan setiap masalah seputar pekerjaan?
ü  Ya karena petugaslah yang akan melaksanakannya saya hanya sebagai pengarah
11.  Tidak mengharapkan kesempurnaan.
·         Dalam setiap pengambilan keputusan suatu masalah, apakah hasilnya harus selalu sesuai dengan yang diharapkan?
ü  Tidak karena banyak faktor yang mempengaruhi pekerjaan yang mungkin dapat menghambat hasil pekerjaan
·         Apakah setiap pekerjaan harus mencapai target?
ü  Ya kerana setiap program sudah ditentukan target oleh pemerintah yang harus tercapai
12.  Mendengarkan dan belajar tanpa menjatuhkan palu hakim pada orang yang ia dengarkan.
·         Apakah anda  melibatkan karyawan dalam pengambilan keputusan setiap masalah seputar pekerjaan?
ü  Ya karena petugaslah yang akan melaksanakannya saya hanya sebagai pengarah
13.  Melakukan percakapan informal, spontan, santai dengan setiap orang setidak-tidaknya sekali setahun, bukan untuk menghakimi, melainkan hanya untuk mendengarkannya.
·         Apakah anda  menjalin hubungan baik di dalam maupun di luar pekerjaan dengan karyawan?
ü  Ya terlepas dari status atasan dan bawahan kita adalah rekan kerja dan keluarga dalam satu instansi
·         Berapa kali  dan anda menjalin komunikasi dengan dalam satu bulan?
ü  Setiap hari
·         Apakah ketika  berkomunikasi dengan bawahan mengenai pekerjaan, anda  mendominasi dalam berbicara?
ü  Tidak karena mereka saya anggap rekan kerja
14.  Ia memahami keuntungan-keuntungan kerja sama dan kerugian-kerugian dari persaingan antara orang-orang dan antara kelompok-kelompok ?
·      Apakah anda  memberi kesempatan kepada para karyawannya untuk mendiskusikan setiap masalah yang terjadi di tempat kerja?
ü  Yang karena saya sebagai pimpinan tidak memahami semua masalah, petugaslah yang paling paham mengenai pekerjaannya sendiri. dan tentunya ada yang memiliki ide solusi masalah tersebut.
·      Apakah anda memberikan reward kepada bawahan yang kerjanya dinilai terbaik?
ü  Tidak karena keterbatasan dana dan dapat menyebabkan kecemburuan sesama pegawai

Dari hasil wawancara dan observasi kami, nilai-nilai kepemimpinan yang ada dalam kepala puskesmas adalah point 1,2,4,5,6,7,8,9,10,12,13,14, sedangkan nilai yang belum dimiliki adalah point 3 mengerti bahwa orang-orang berbeda satu dengan lainnya, hal ini lebih dikarenakan kondisi kurangnya pegawai yang memaksa pimpinan untuk menempatkan pegawai yang tidak sesuai tempatnya. Lalu point 11 Tidak mengharapkan kesempurnaan. Karena sebagai ASN kita dituntut untuk mencapai target yang sudah ditentukan oleh pemerintah, dan juga target inilah yang akan menjadi penilaian kinerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SISTEMATIC REVIEW THEORY DAN STUDI KASUS

MENGENAL SISTEMATIC REVIEW THEORY DAN STUDI KASUS Sistematic review merupakan metode dalam melaksanakan review artikel dengan standar, kr...