TUGAS KEWIRAUSAHAAN

Kuliah online kewirausahaan 3.12.2019

Cara Mengelola Keuangan pribadi

Penghasilan sebesar apapun tidak akan pernah cukup memenuhi kebutuhan jika kita tidak tahu cara mengatur keuangan.
Mengelola keuangan merupakan kunci utama dalam menggapai kesuksesan finansial. Apalagi dengan semakin meningkatnya biaya hidup menuntut kita untuk lebih cerdas dalam mengatur keuangan agar tidak terjerat utang.

Untuk mengelola keuangan pribadi perlu memahami  konsep pemasukan dan pengeluaran.

Pemasukan adalah jumlah uang yang  diperoleh seperti gaji bulanan, pendapatan usaha, pendapatan investasi, uang sewa dan lain sebagainya. Sedangkan, pengeluaran adalah pembayaran produk atau jasa dengan penghasilan. Hal ini perlu dicatat dalam sebuah catatan keuangan.


Mencatat Pengeluaran

Setelah  mencatat rincian pendapatan, selanjutnya mengalokasikan pendapatan ke anggaran pengeluaran, seperti dibawah ini:

1. Sedekah
     2,5% dari penghasilan dikeluarkan untuk sedekah. Semoga dengan bersedekah, memperoleh berkah dan diperbanyak rezeki yang akan berdatangan.


2. Kebutuhan Rutin
Setiap bulan, ada kebutuhan penting yang harus dipenuhi secara rutin, seperti membeli kebutuhan dapur, membeli keperluan mandi, membayar listrik dan air, dan lain sebagainya.

3. Tabungan
Dalam mengelola keuangan pribadi saya 2 Tabungan, yang pertama tabungan keadaan darurat dan kedua tabungan yg terkunci. Tabungan Dana Darurat digunakan untuk hal-hal yang tak terduga bisa saja terjadi. Namun, jika dalam sebulan tidak mengalami hal-hal tak terduga atau harus membayar keperluan tersebut, dana darurat ini dialihkan ke  tabungan terkunci.  Tabungan yg kedua bertujuan untuk biaya pendidikan anak nanti saat memasuki kuliah.

4. Investasi
Sedikit demi sedikit mulai berinvestasi dengan membuat rumah kos di kawasan perkuliahan. Dana investasi ini rencananya akan digunakan untuk mempersiapkan masa pensiun.

5. Liburan
Karena kami tinggal jauh dari kampung halaman, jadi ada dana yang dialokasikan untuk mudik lebaran dan liburan. Selain untuk mengunjungi orang tua juga mengurangi stres dalam pekerjaan.
Karenanya, saya selalu menyiapkan budget khusus untuk liburan.

itulah kebiasaan pengelolaan keuangan yang biasa saya buat. jika dibandingkan dengan teori yang dibuat oleh senduk (2004) terdapat sedikit kemiripan. hanya saja untuk asuransi belum maksimal karena hanya mengandalkan kartu JKN yang diperoleh sebagai ASN.


Dina Fitriananci
19.13101.11.22
Dosen: Prof Dr Supli Rahim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SISTEMATIC REVIEW THEORY DAN STUDI KASUS

MENGENAL SISTEMATIC REVIEW THEORY DAN STUDI KASUS Sistematic review merupakan metode dalam melaksanakan review artikel dengan standar, kr...