KULIAH ONLINE PENCEMARAN LINGKUNGAN 27.03.2020

KULIAH ONLINE PENCEMARAN LINGKUNGAN 


Dosen     : Prof. Dr. Supli Effendi Rahim

Nama      : MARIYAM JAMILAH
NPM       : 19.13101.11.19

Video “Pencemaran Lingkungan”
https://youtu.be/I5dB9aEWU_k

Berdasarkan video tentang “Pencemaran Lingkungan” tersebut, tentunya kita bisa mengambil banyak pelajaran yang sangat bermanfaat bagi kehidupan kita.
*      Sebagai Tenaga Kesehatan di Puskesmas yang berperan dalam memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pencemaran lingkungan dan upaya mengatasi masalah penecemaran lingkungan ini.
*      Apa saja yang bisa dilakukan terhadap pencemaran lingkungan yang terjadi ?
Tentunya sebagai tenaga kesehatan jika ingin mengedukasi masyarakat luas, haruslah dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu yaitu harus memberikan contoh yang baik dengan menerapkan gaya hidup 3R yaitu Reduce, Reuse dan Recycle.
1).  Reduce, berarti kita mengurangi penggunaan bahan-bahan yang bisa merusak lingkungan.Beikut contoh kegiatan yang bisa kita terapkan yaitu :
-              Memilih produk dengan kemasan  yang dapat didaur ulang.
-              Hindari memakai dan membeli produk yang menghasilkan sampah dalam jumlah besar.
-              Menggunakan produk yang dapat diisi ulang (refill). Misalnya alat tulis yang bisa diisi  ulang kembali).
-              Mengurangi penggunaan bahan sekali pakai.
-              Menggunakan email (surat elektronik) untuk berkirim surat

2).  Reuse sendiri berarti pemakaian kembali. Berikut contoh kegiatan yang bisa kita lakukan yaitu :
-        Memilih wadah, kantong atau benda yang dapat digunakan beberapa kali atau berulang-ulang. Misalnya, menggunakan sapu tangan dari pada menggunakan tissu, menggunakan tas belanja dari kain dari pada menggunakan kantong plastic
-        Menggunakan tumbler (botol minum) sendiri ke tempat kerja
-        Menggunakan alat-alat penyimpan elektronik yang dapat dihapus dan ditulis kembali.
-        Menggunakan sisi kertas yang masih kosong untuk menulis.

3).  Reccycle dalah mendaur ulang barang. Paling mudah adalah mendaur ulang sampah organik di rumah anda, menggunakan bekas botol plastik air minum atau apapun sebagai pot tanaman. Contohnya :
-        Memilih produk dan kemasan yang dapat didaur ulang dan mudah terurai.
-        Melakukan pengolahan sampah organik menjadi kompos.
-        Lakukan pengolahan sampah non organik menjadi barang yang bermanfaat dan bahkan memiliki nilai jual.

3R atau Reuse, Reduce, dan Recycle sebenarnya sederhana dapat dilakukan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja serta tidak membutuhkan biaya yang besar. Namun dari 3R yang sederhana ini bisa memberikan dampak yang signifikan bagi penanganan sampah yang sering menjadi permasalahan di sekitar kita

 Berikut rangkuman dari video tersebut :

*        Apa itu Pencemaran Lingkungan ?
Pencemaran lingkungan merupakan suatu perubahan lingkungan yang tidak dikehendaki, yang disebabkan oleh polutan atau zat asing yang berada pada tempat dan waktu yang tidak tepat

*        Dari Mana Saja Sumber Pencemaran?
-        Pencemaran Alami
Sumber pencemaran alami yaitu dari bahan yang berasal dari bencana alam. Misalnya : Partikel gas atau debu dari letusan gunung

-        Kegiatan Manusia
Sumber pencemaran yang berasal dari kegiatan manusia ini tentunya paling sering kita jumpai, misalnya dari kegiatan industri, transportasi, pertambangan yang menghasilkan limbah yang mencemari lingkungan


*        Macam – Macam Pencemaran Lingkungan ?
-        Pencemaran Air, yaitu masuknya bahan pencemar / polutan kedalam lingkungan berair yang dapar berasal dari limbah indsutri, limbah rumah tangga, limbah pertanian, limbah minyak dan lainnya.
-        Pencemaran Udara, yaitu pengotoran udara akibat masuknya bahan atau zat asing dan komponen lainnya kedalam udara atau adanya gas diudara yang berlebihan yang berupa zat pencemar udara ( berupa debu, asap / gas buangan hasil pembakaran bahan bakar). Tentunya hal ini dapat memberikan anacaman kesehatan bagi kita, misalnya Ozon yang dapat membuat iritasi pada saluran pernafasan, kelebihan karbon dioksida dapat menyebabkanfungsi koordinasi otak menurun.
-        Pencemaran Tanah, yaitu akibat masuknya komponen lain yang menganggu keseimbangan ekologi tanah yang disebabkan dari limbah industry, hujan asam, limbah rumah tangga dan tumpukan minyak dan sebagainya.

*             Upaya mengatasi Pencemaran Lingkungan
-        Sistem Water Harvesting (Pemanenan Air Hujan), yaitu Proses penampungan air hujan menjadi air bersih, selain itu sistem ini juga bisa menampung air tanah)
-        Pembangunan Septic tank komunal
-        Gaya Hidup 3R yaitu : Reduce, Reuse, Recycle

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SISTEMATIC REVIEW THEORY DAN STUDI KASUS

MENGENAL SISTEMATIC REVIEW THEORY DAN STUDI KASUS Sistematic review merupakan metode dalam melaksanakan review artikel dengan standar, kr...